MASIGNALPHA101

Imbangi e-Commerce, Bisnis Ekspedisi Geber Layanan Digital

Imbangi e-Commerce, Bisnis Ekspedisi Geber Layanan Digital
Tuesday, February 14, 2017


Pertumbuhan e-commerce tak lepas dari industri lain yang menyertainya. Dalam hal ini yang dimaksud adalah ekspedisi. Bisnis pengiriman logistik ini pun makin berbenah diri dengan peningkatan layanan digital.

Sekarang pengguna jasa ekspedisi tak sekadar bisa mengecek resi pengiriman, tapi lebih dari itu pengguna juga sudah bisa menginput sendiri data pengiriman di platform yang disediakan penyedia layanan logistik. Cara ini diyakini lebih efisien karena pengguna tak harus repot-repot menyambangi gerai ekspedisi.

Mengacu pada data pengiriman yang telah diinput pengguna, selanjutnya pihak ekspedisi bisa langsung melakukan penjemputan barang, yang kemudian akan langsung dilakukan pengiriman. Selain proses pengiriman jadi lebih cepat, penyedia jasa ekspedisi juga tak perlu repot-repot lagi menyediakan titik pengumpulan barang yang cukup besar.

"Kami menggunakan (sistem) e-CRM, tidak perlu menyiapkan hub lagi. Setelah barang dijemput, selanjutnya akan langsung diserahkan ke tim pengantaran barang. Ini menjadi strategi kami untuk bersaing, dan sebagai bukti keseriusan kami dalam menghadapi persaingan," kata Wiwin Dewi Herawati, Head of Sales Marketing Si Cepat, di Plaza Senayan, Jakarta, Senin (13/2/2017).

Terlepas dari peningkatan layanan digital, kerjasama antara jasa ekspedisi dan industri e-commerce juga jadi fokus yang tak kalah penting. Dijelaskan Wiwin, tumbuhnya e-commerce seiring dengan peningkatan kedua industri hampir di berbagai hal.

"Salah satu caranya adalah dengan memberikan treatment yang baik untuk konsumen. Memberikan dukungan terhadap bisnisnya lewat promosi yang kami lakukan sendiri," imbuhnya. (yud/fyk)


Sumber
Your Description Here...